Sektor Pariwisata Menjadi Salah Satu Program Prioritas Dalam Musdes RKPDes Sarae Ruma

Langgudu, 26 Oktober 2019

Kegiatan Musdes RKPDes Sarae Ruma untuk Tahun Anggaran 2020 yang dilaksanakan pada hari Kamis, 24 Oktober 2019 merupakan kegiatan pokok yang menjadi dasar acuan penggunaan APBdes Tahun Anggaran 2020. Mengingat pentingnya kegiatan tersebut Tim Kecamatan yang terdiri dari Pemerintah Kecamatan yang diwakili Kasi Fispra Syamsudin, S.Sos, Kasi Trantib Syahruddin, S.Sos dan Kasi Perekonomian Sigit M. Awaluddin, SE beserta Pengawas Infrastruktur Kecamatan Gufran, S. Sos dan Pendamping Desa yang terdiri dari Muhammad Karunia, Amirudin, S.Sos dan Israfil, S.Pd I mendampingi jalannya kegiatan tersebut.

Kegiatan Musdes ini dibuka oleh kata pengantar dari BPD Sarae Ruma yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan pelaksanaan APBDes 2019 oleh Kepala Desa Sarae Ruma Abdul Kasim. Dalam acara sambutan Camat Langgudu yang diwakili Kasi Fispra Syamsudin, S.Sos meyampaikan beberapa program prioritas Kabupaten yang harus dijabarkan dalam RKPDes seperti pengelolaan sampah. Kemudian Kasi Trantib Syahruddin, S.Sos dalam sambutannya menambahkan bahwa dengan memasuki tahun penindakan ini Pemerintah Desa harus mengelola dana dalam APBDesnya dengan baik.

Selanjutnya untuk memberikan gambaran umum terkait perumusan aspirasi Kasi Perekonomian Sigit M. Awaluddin, SE menanamkan pengertian bahwa setiap usulan program harus didasari sebuah kendala atau permasalahan yang benar-benar membutuhkan solusi yang tepat, sehingga setiap program yang dilahirkan dari RKPDes menjadi program yang bersifat kebutuhan bukan keinginan. Hal ini kedepannya akan menjadikan penggunaan APBDes yang efisien, tepat sasaran dan berorientasi jangka panjang. Selain itu Kasi Perekonomian juga memberikan gambaran terkait dengan bagaimana merawat BUMDes yang masih hijau dengan memanfaatkan kegiatan-kegiatan yang ada dalam APBDes sampai BUMDes tersebut bisa mandiri dengan inovasi mereka sendiri. Pemaparan dalam pendampingan Musdes ini diakhiri oleh Pengawas Infrastruktur Kecamatan Gufran, S.Sos yang menjelaskan perihal pentingnya kemampuan membaca gambar dan RAB bagi pelaksana dan tukang, sehingga setiap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan menghasilkan infrastuktur yang berkualitas dan memiliki ketahanan jangka panjang. selain itu juga diharapkan agar pemerintah Desa juga memastikan setiap gambar yang dibuat oleh Teknik Perencana harus diawali dengan survei lapangan agar tidak terjadi ketidaksesuaian gambar dan kondisi geografis lokasi.

Sesi penyampaian aspirasi masyarakat berjalan dengan terarah karena masyarakat sudah mendapat bimbingan dari Tim Kecamatan sehingga menghasilkan beberapa usulan program yang baik, seperti perubahan bentuk program MCK menjadi jamban keluarga, pengadaan bibit pohon untuk menjaga ketersedian air dan mengatasi panas berkepanjangan dimusim kemarau, beberapa program yang terkait dengan peningkatan perekonomian masyarakat serta membentuk produk unggulan desa melalui pengembangan obyek wisata Pantai Sarae Tolo.

Setelah seluruh rangkaian acara Musdes selesai sebagian Pendamping Desa melanjutkan dengan kegiatan Rembug Stunting dan Tim Kecamatan yang lain langsung turun ke lokasi pelaksanaan kegiatan APBDes Tahun Anggaran 2018 dan 2019 untuk melakukan monitoring. Selanjutnya seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan makan bersama.

(SM)

Musdes RKPDes Sarae Ruma 2019
Musdes RKPDes Sarae Ruma 2019
Monitoring APBDes 2019
Monitoring APBDes 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *